Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah semoga puji dan syukur senantiasa kita panjatkan kepada
Alloh SWT. yang telah melimpahkan segala kenikmatan keapda kita hingga
pada hari ini kita masih diberikan kelancaran tak kurang suatu apapun
dalam menjalani kegiatan dihaari ini. Kemudian salam beserta shalawat
se,moga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW. yang kita nantikan
syafa'atnya dihai akhir nanti dan semoga kita termasuk ummatnya yang
akan memperoleh apa yang telah dijanjikan.
Kesempatan hari ini saya akan berbagi berkaitan dengan apa itu "Media Komunikasi " yang sering kita Gunakan sehari-hari.o iya teman-teman langsung saja ya .....
" Media Komunikasi "
-> Pengertian
Media komunikasi adalah suatu alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.[1]
Media dominan dalam berkomunikasi adalah pancaindera manusia seperti
telinga dan mata.Media juga merupakan jendela yang memungkinkan kita
untuk dapat melihat lingkungan yang lebih jauh, sebagai penafsir yang
membantu memahami pengalaman,Sebagai landasan penyampai informasi,
Sebagai komunikasi interaktif yang meliputi opini audiens, Sebagai
penanda pemberi intruksi atau petunjuk , Sebagai penyaring atau pembagi
pengalaman dan fokus terhadap orang lain, cermin yang merefleksikan diri
kita dan penghalang yang menutupi kebenaran. Media komunikasi juga
dijelaskan sebagai sebuah sarana yang dipergunakan sebagai memproduksi,
reproduksi, mengolah dan mendistribusikan untuk menyampaikan sebuah
informasi. Media komunikasi sangat berperan penting bagi kehidupan
masyarakat.[2]
Secara sederhana, sebuah media komunikasi adalah sebuah perantara dalam
menyampaikan sebuah informasi dari komunikator kepada komunikan yang
bertujuan agar efisien dalam menyebarkan informasi atau pesan.
Komunikasi merupakan bentuk percakapan yang berlangsung atas dasar
persamaan persepsi. Komunikasi dalam bahasa inggris communicationberasal
dari kata latin communicatio dan berasal dari kata communis yang
berarti sama.
-> Bentuk Media Komunikasi
Media visual atau media pandang
penerimaan pesan yang tersampaikan melalui panca indera dan dapat dilihat . Contoh : gambar dan Foto.Media audio
penerimaan pesan yang tersampaikan dengan melalu indera pendengaran. Contoh: Radio dan Tape recorder.Media Audio visual aid (AVA)
media komunikasi yang dapat dilihat dan juga dapat didengar, untuk mendapatkan informasi secara bersamaan. Contoh : televisi.[9]
-> Jangkauan Penyebaran Media Komunikasi :
a. Media Komunikasi Eksternalmedia komunikasi yang dapat dipergunakan untuk dapat menjalin sebuah hubungan dan menyampaikan sebuah informasi dengan pihak luar. Media komunikasi yang sering digunakan adalah :
- Media cetak media komunikasi tercetak dan tertulis agar dapat menjangkau publik ekternal, seperti pemilik saham, konsumen, pelanggan dan mitra kerja.[10]
- Media elektronik
Radio adalah sebuah alat eletronik yang dihgunakan sebagai media komunikasi dan informasi. Radio dapat memberikan rangsangan terhadap pendengaran. Dengan radio seseorang bisa mendapatkan sebuah informasi dan berbagai peristiwa yang penting dan baru serta acara hiburan yang menyenangkan.pengertian radio menurut ensiklopedi indonesia adalah penyampaian pesan informasi dengan pemanfaatan gelombang elektromagnetik bebas yang memiliki frekuensi kurang dari 300GHz (panjang gelombang lebih besar dari 1mm). Secara garis besar, radio mempunyai manfaat sebagai perjelas pesan dan informasi, mengatasi sebuah ruang dan waktu, daya indera dan juga tenaga.manfaat radio lainnya adalah menimbulkan gairah untuk belajar, informasi yang langsung didapatkan oleh komunikan menerima pesan atau decode. Dan memberikan rangsangan terhadap pengalaman yang dapat menimbulkan persepsi yang sama.[11]
Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran yang menghasilkan gambar atau visualisasi. Kata televisi berasal dari kata tele yang artinya jauh dan vision yang artinya jauh, dan dapat dijelaskan bahwa televisi adalah tampak atau dapat dilihat dari jarak jauh. Sejarah singkat televisi telah mengubah sifat, cara beroperasi dan hubungan antara komunikator dan komunikan. Ruang lingkup dan sifat industri penyiaran televisi di dominasi oleh organisasi dengan produksi,distribusi, dan pengambilan keputusan yang tersentralisasi. Jaringan ini berhubungan dengan para afiliasi dengan tujuan untuk menghantarkan penonton kepada pengiklan. Afiliasi lokal membawa program jaringan untuk dapat mengosongkan waktu sebagai penukar kegiatan untuk suatu program yang disebut kompensasi dan waktu spot lokal dapat denegosiasikan dengan afiliasi dari berbagai stasiun televisi.[12]
Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Internet adalah media komunikasi yang berbasis dengan teknologi informasi. Keunggulan media komunikasi internet adalah mudah,cepat,murah, dan dapat dijangkau sampai seluruh dunia. Internet adalah jaringan komputer yang terkoneksi secara global dan dapat berkomunikasi secara bebas dan dapat bertukar sebuah informasi. Pada internet semakin berkembang pada saat ini, seperti hal nya e-mail, seseorang bisa melakukan pertukaran informasi secara singkat dan lebih efisien serta mendapatkan respon yang cepat satu dengan lainnya.[13]
b. Media Komunikasi Internal
Media komunikasi internal adalah sarana penyampaian informasi di antara publik internal yang bersifat non-komersial. Baik penerima ataupun pengirim informasi adalah orang dari publik internal. Media yang digunakan secara internal adalah:[14]
Telephone digunakan sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan secara langsung melalui suara antara komunikan dan komunikator serta hasil yang disampaikan dapat dirasakan secara langsung.[15]
Surat merupakan media komunikasi internal dalam bentuk tertulis yang dilakukan oleh sender untuk memberikan informasi kepada receiver. Akan tetapi, respon yang didapati tidak secara langsung membutuhkan waktu serta biaya.[16]
Papan Pengumuman penyampaian informasi secara internal melalui papan pengumuman hanya untuk memberikan sebuah informasi dari receiver kepada publik internal.[17]
House journal (Majalah Bulanan) sebagai media cetak dan tertulis. Penyampaian informasi tidak dilakukan secara langsung. Akan tetapi, seorang reporter atau pencari berita membutuhkan waktu untuk mencari sebuah informasi yang benar dan akurat,serta dapat dipercaya.[18]
Printed material (Media Komunikasi dan Publikasi berupa Bahan Cetakan)sebagai media komunikasi yang dicetak seperti pamflet dan brosur hanya memberikan informasi kepada publik.[19]
Media pertemuan dan Pembicaraan media pertemuan seperti diskusi ataupun rapat menjadi media komunikasi,penyampaian pesan secara internal agar kalangan tersebut bisa menyamakan dalam satu persepsi.[20]
-> Referensi Buku
Teori komunikasi, Theorie of Human Communication;Stephen W.Littlejohn dan Karen A.Foss;Penerbit Salemba Pengantar Ilmu Komunikasi;Prof.Dr.H.Hafied Cangara,MSc Ilmu Komunikasi Teori dan praktek;Prof.Drs.Onong uchana effendy, MA Komunikasi, Politik, Media dan Demokrasi; Henry subiakto dan Rachma Ida Pengantar Ilmu Komunikasi ; Suryanto, S.Sos, M.Si Pengantar komunikasi massa Jilid 1 edisi 5 melek media dan budaya; Stanley J.Baran Communication Technology Update and Fundamentals, 12th Edition;Grant A.E.Meadows ;Focal Press
The dynamics Of Mass Communication:Media In The Digital Age; Dominick, J.R (2008);Tenth edition;Mc-Graw-Hill, International Edition
- ^ Teori komunikasi, Theorie of Human Communication;Stephen W.Littlejohn dan Karen A.Foss;Penerbit Salemba
- ^ Teori komunikasi, Theorie of Human Communication;Stephen W.Littlejohn dan Karen A.Foss;Penerbit Salemba
- ^ Pengantar komunikasi massa Jilid 1 edisi 5 melek media dan budaya; Stanley J.Baran
- ^ Pengantar komunikasi massa Jilid 1 edisi 5 melek media dan budaya; Stanley J.Baran
- ^ Ilmu Komunikasi Teori dan praktek;Prof.Drs.Onong uchana effendy, MA
- ^ Ilmu Komunikasi Teori dan praktek;Prof.Drs.Onong uchana effendy, MA
- ^ Pengantar Ilmu Komunikasi;Prof.Dr.H.Hafied Cangara,MSc
- ^ The dynamics Of Mass Communication:Media In The Digital Age; Dominick, J.R (2008);Tenth edition;Mc-Graw-Hill, International Edition
- ^ Communication Technology Update and Fundamentals, 12th Edition;Grant A.E.Meadows ;Focal Press
- ^ Communication Technology Update and Fundamentals, 12th Edition;Grant A.E.Meadows ;Focal Press
- ^ Communication Technology Update and Fundamentals, 12th Edition;Grant A.E.Meadows ;Focal Press
- ^ Communication Technology Update and Fundamentals, 12th Edition;Grant A.E.Meadows ;Focal Press
- ^ Communication Technology Update and Fundamentals, 12th Edition;Grant A.E.Meadows ;Focal Press
- ^ The dynamics Of Mass Communication:Media In The Digital Age; Dominick, J.R (2008);Tenth edition;Mc-Graw-Hill, International Edition
- ^ The dynamics Of Mass Communication:Media In The Digital Age; Dominick, J.R (2008);Tenth edition;Mc-Graw-Hill, International Edition
- ^ The dynamics Of Mass Communication:Media In The Digital Age; Dominick, J.R (2008);Tenth edition;Mc-Graw-Hill, International Edition
- ^ The dynamics Of Mass Communication:Media In The Digital Age; Dominick, J.R (2008);Tenth edition;Mc-Graw-Hill, International Edition
- ^ The dynamics Of Mass Communication:Media In The Digital Age; Dominick, J.R (2008);Tenth edition;Mc-Graw-Hill, International Edition
- ^ The dynamics Of Mass Communication:Media In The Digital Age; Dominick, J.R (2008);Tenth edition;Mc-Graw-Hill, International Edition
- ^ Pengantar Ilmu Komunikasi ; Suryanto, S.Sos, M.Si
- ^ Pengantar komunikasi massa Jilid 1 edisi 5 melek media dan budaya; Stanley J.Baran
- ^ Pengantar komunikasi massa Jilid 1 edisi 5 melek media dan budaya; Stanley J.Baran
- ^ Pengantar komunikasi massa Jilid 1 edisi 5 melek media dan budaya; Stanley J.Baran
Sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Media_komunikasi
Semoga apa yang sedikit saya bagikan ini bisa menambah wawasan teman-teman dalam Media komunikasi
Wassalamualaikum Wr.Wb
0 komentar:
Posting Komentar